Kegiatan Simulasi adanya bencana

Kita semua tahu bahwa bencana adalah hal yang sangat menakutkan bagi untuk orang dewasa seperti kita maupun anak-anak. Bencana adalah hal yang tidak bisa kita hindari dan bukanlah sesuatu yang dapat kita ketahui sebelumnya.

Di Indonesia, bencana sudah sangat akrab dan datang silih berganti, baik bencana yang disebabkan oleh kekuatan alam, bencana non alam, maupun bencana social. Tentu, bencana yang paling besar pengaruhnya adalah bencana alam, baik dari segi kekuatannya dan dampak yang terjadi setelahnya.

Apalagi kejadian bencana adalah kejadian khusus karena itu tidak bisa diduga kapan akan terjadi. hal yang dapat di lakukan adalah mempersiapkan reaksi siswa serta memperbaiki sikap dan meningkatkan kemampuan siswa menghadapi bencana. Mengingat sekolah adalah pusat pembelajaran dan tempat belajar yang terbaik bagi siswa dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana, maka latihan simulasi kesiapsiagaan menghadapi bencana ini perlu di lakukan oleh kepala sekolah, guru, staf dan semua yang bekerja di lingkungan sekolah dan partisipasi aktif siswa.

Latihan simulasi ini berguna untuk menguji tingkat kesiapsiagaan dan membiasakan diri para guru, siswa dan lainnya menghadapi bencana. ada beberapa tindakan yang harus dilakukan  saar terjadi gempa bumi yaitu evakuasi atau keluar dari bangunan sekolah dan berkumpul di tempat  aman. Kegiatan simulasi di lakukan pada hari ini, Senin 26 April 2021.