Pelaksanaan ANBK Tahun 2021

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran diseluruh satuan pendidikan. Pada setiap pendidikan, Asesmen Nasional diikuti oleh sebagian peserta didik kelas 5, 8, dan 11 yang dipilih secara acak oleh Kemendikbud.

Sebanyak 13 siswa kelas 5 SDN 7 Curah Tatal mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK 2021. Pelaksanaan ANBK 2021 diharapkan dapat meningkatkan kompetensi minimum siswa terutama budaya literasi dan numerasi.

Dalam pelaksanaannya, ANBK 2021 di SDN 7 Curah Tatal berjalan dengan lancar. Plt Kepala SDN 7 Curah Tatal, Harto, S.Pd.SD mengatakan ANBK 2021 dilaksanakan tidak hanya untuk siswa tetapi juga untuk guru serta kepala sekolah. Untuk siswa, kata dia, mengerjakan numerasi-literasi dan survei karakter, kemudian untuk guru mengerjakan survei lingkungan belajar

"ANBK bukan assesmen yang ditunjukan untuk mengukur tingkat keberhasilan seseorang, tetapi untuk mempertahankan tingkat kemampuan siswa dalam penguasan numerasi dan literasi yakni kemampuan dasar," kata Harto.

Ia mengatakan, kalau untuk guru untuk mengujur survei lingkungan belajar apakah lingkungan belajar di SDN 7 Curah Tatal sudah nyaman atau belum, dampak ANBK untuk siswa tidak ada tetapi kepada sekolah yang seperti apa.

Pada Peserta didik kelas 5 untuk SDN 7 Curah Tatal mengikuti Asesmen Nasional pada gelombang 3 Sesi 2 pada Jam 13,00 WIB sampai 15. 30 WIB. Waktu kegiatan berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 22 - 23 November 2021 yang bergabung di SDN 1 Curah Tatal dengan Status Menumpang. Adapun jumlah peserta ANBK terdiri dari13 siswa. Instrumen yang diujikan terdiri Asesmen Nasional Minimum ( AKM Literasi dan Nomerasi ), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Selama pelaksanaan berlangsung kondisi tertip dan lancar, namu tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.