Pembelajaran Tatap Muka

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas sudah mulai dilaksanakan di berbagai daerah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka adalah mematuhi protokol kesehatan yang ketat serta menjaga pola hidup sehat. Di tengah pandemi Covid-19, dalam pembelajaran tatap muka terbatas, edukasi tentang pendidikan kesehatan dan pelayanan kesehatan harus diberikan. 

Pembelajaran Tatap Muka baru bisa dilakukan di SDN 7 Curah Tatal, pada tanggal 4 Februari 2021 karena sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Pendidikan sempat menghentikan sementara proses pembelajaran di semua jenjang sekolah termasuk SD. Semakin bertambahnya penularan penyakit Virus-19 pada klaster sekolah inilah yang menjadi alasan pemerintah menghentikan proses pembelajaran semua sekolah. Namun sejak menurunnya penularan covid-19, pemerintah memperbolehkan proses pembelajara tatap muka bagi daerah-daerah yang posisi keaadaan penyebaran covid-19 berwarna hijau atau biru, tetapi dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Pembelajaran dilakukan dengan sistem terbatas walaupun secara tatap muka. Namun, diperlukan komitmen yang kuat antara orang tua, guru, siswa dan seluruh civitas sekolah dalam menerapkan protokol Kesehatan, sehingga pada saat jadwalnya siswa belajar tatap muka di sekolah, semua pihak akan merasa aman dan nyaman.

Sekolah menyediakan perlengkapan protokol Kesehatan seperti alat cek suhu tubuh, hand sanitizer, tempat cuci tangan dengan sabun, masker, faceshield dan penyemprotan desinfektan secara berkala di lingkungan sekolah. Selain itu, dibutuhkan juga peran orang tua dirumah dalam menyiapkan nutrisi putra-putrinya dan terus melakukan kordinasi melalui wali kelas terkait keadaan Kesehatan putra putrinya, apabila sedang dalam kondisi tidak fit, maka orang tua memberitahukan kepada wali kelas. Untuk dapat libur sementara. Siswa bertanggung jawab menyiapkan alat tulis, bekal air minum dan makananan masing-masing tanpa saling pinjam dengan temannya. Dengan demikian, tujuan pembelajaran di SDN 7 Curah Tatal tetap tercapai walaupun dalam kondisi pandemi. Dan kebiasaan 3 M; Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak. Akan menjadi kebiasaan baik yang terus oleh sekolah.